7 Keajaiban Dunia Bawah Air

7 Keajaiban Dunia Bawah Air Versi On The Spot.
1. The Great Blue Hole

The Great Blue Hole terletak di Ambergris Cage, Belize yaitu negara jajahan inggris yang terletak di Amerika Tengah sekitar 60 mil jauhnya dari Belize City. Tempat ini di yakini sebagai lubang laut terbesar didunia sekitar 125 meter dan diameternya sekitar 300 meter. Selama jutaan tahun the Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar. Stalaktif dan stalakmit perlahan-lahan terbentuk ketika jaman es terakhir berakhir. Sekitar 65 juta tahun yang lalu permukaan laut di Blue Hole naik untuk menutupi gua. Ketika menyelam di blue hole, anda berenang dibawah apa yang tersisa dilangit-langit tua untuk melihat sisa stalaktif dan stalakmit. Di tempat ini diketahui bahwa ada banyak jaringan gua dimana terdapat sisa kerangka kura-kura yang tidak pernah menemukan cara keluar dari sana. Selain itu, spesies hewan langka dan bentuk kehidupan yang dapat ditemukan hanya di tempat itu.
2. Black Smoker

Dikena juga sebagai Black Smoker atau Perokok hitam yaitu aktifitas pengeluaran gas dan air panas kepermukaan bumi karena kegiatan vulkanik. Kawasan Padang Aurora ini sangat luas. Ia memiliki semburan hidro termal dan cerobong-cerobong hitam yang ditemukan di kedalaman mencapai 16.000 kaki atau 4.877 meter. Saat ilmuwan memotong dasar laut dibawah bongkahan es antrik, mereka menemukan selusin gunung berapi baru dan sebuah ladang perokok hitam tersebut yang lebih besar daripada yang terdapat di daerah samudra pasifik maupun atlantik. Para ilmuwan itu juga menyatakan bahwa kawasan ini menjadi yang paling aktif yang diketahui sejauh ini.
3. Kepulauan Galapagos

Yaitu sebuah kepulauan yang terdiri dari 13 kepulauan berapi dan bebatuan yang terletak di Samudra Pasifik. Pulau Galapagos yang juga merupakan salahsatu daerah gunung berapi teraktif di dunia ini, juga terkenal sebagai rumah bagi berbagai spesies binatang langka yang terisolasi. Terletak 805 KM dari pantai barat Amerika Selatan kondisi unik dari kepulauan yang terisolasi itu menciptakan beragam jenis binatang yang berbeda dengan kerabatnya dibelahan dunia lainnya. Tak kurang dari 85% burung Galapagos tidak bisa ditemukan ditempat lainnya termasuk burung Sing yang terkenal.
4. Great Barrier Reef

Adalah untaian kepulauan karang terbesar di dunia yang terletak di perairan Australia tepatnya dilepas pantai Pasifik Selatan, Queensland. Dengan hampir 3000 terumbu individu dan 900 pulau, keragaman di Great Barrier Reef benar-benar menakjubkan. Dibangun oleh jutaan organisme kecil yang disebut pait karang. Great Barrier Reef mencakup lebih dari 344.440 KM² dan berisi spesies yang dilindungi banyak hewan dan tumbuhan.
5. Danau Baikal

Danau yang terletak di Selatan Siberia, Rusia ini adalah yang terdalam dan tertua di dunia yang memiliki kandungan air tawar terbanyak di bumi. Situs warisan dunia yang terkenal dengan sebutan Mata Biru Siberia ini, memiliki panjang 636 KM lebar 80 KM dan kedalaman lebih dari 1600 M. Disinilah terdapat seperlima air tawar di bumi dan andaikan danau ini mendadak kering untuk dapat mengisinya kembali diperlukan debit air dari semua sungai di dunia yang mengalir sepanjang tahun. Beberapa orang yang naik kapal melintasi tengah-tengah danau Baikal merasa takut karena airnya sangat bening sehingga mereka dapat melihat dengan jelas hingga kedalaman 50 m. Selama sebulan dalam setahun, danau Baikal ditutupi es dan menjelang akhir bulan Januari tebal es bisa mencapai 1 m atau lebih. Hal lain yang penting bagi danau Baikal adalah Taiga. Hutan Cemara yang mengelilinginya. Huatan Taiga memainkan peranan yang penting dalam memelihara ekologi dan iklim dunia.
6. Northern Red Sea

Atau Laut Merah yaitu laut yang membatasi benua Afrikan dan Asia dan termasuk laut dengan tingkat kadar garam tertinggi di dunia. Lebar lautan ini sepanjang 300 KM, sedangkan panjang satu sisi pesisir laut merah mencapai sekitar 1.900 KM, sementara kedalaman lautnya di tempat yang terdalam mencapai 2.500 m. Tahun 1988, seorang arkeolog Ron Weight telah menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur kuno didasar laut merah dan tulang belulang manusia yang tertutup karang. Menurutnya, mungkin ini adalah bangkai kereta tempur Firaun yang tenggelam di lautan tersebut saat mengejar Musa bersama 600 ribu orang Israel saat laut ini tersiba.
7. Republik Palau

Yaitu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari wilayah perwalian kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Di pulau yang terdiri dari 8 pulau utama dan 250 pulau kecil ini, terdapat lebih dari 1000 spesies ikan dan lebih dari 700 spesies karang. Selama ini, Palau dijadikan resonansi kehidupan aneka terumbu karang dan menjadi tolak ukur dunia untuk mempelajari terumbu karang. Keindahan bawah laut lainnya di Palau yaitu bertemunya 3 arus lautan yang membawa serta kehidupan laut yang lebih beraneka dibanding laut Karibia sekalipun. Di Palau, terdapat danau Ikan Selai yang merupakan dan berair payau. Danau ini merupakan rumah dari ribuan ubur-ubur yang telah bermutasi dari ubur-ubur laut yang menyengat ke ubur-ubur air payau tanpa sengat. Jika anda menyelam di danau ini, anda akan dibawa kebanyak terowongan bawah laut lengkap dengan pemandangan stalaktifnya yang indah.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

Satu komentar/saran/kritit yang membangun dari anda sangat berarti dan bermanfaat bagi Likeforia dalam menciptakan sebuah karya.
Terima kasih.

 
© Copyright Likeforia 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all