7 Hewan Air Berbentuk Bulat

1. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki dalam bahasa latin Catassius Auratus merupakan ikan hias unik yang berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol dan bersirip panjang yang mulai dipelihara di rumah-rumah Cina pada zaman dinasti Zung sekitar 960 masehi dan mulai dikomersilkan pada zaman dinasti Ming tahun 1368 sampai 1644. Pada tahun 1500 masehi ikan Mas Koki mulau merambah ke Jepang dan sekitar 2 abad kemudian, ikan Mas Koki mulai masuk ke benua Eropa. Di Jepang perkembangan varietas ikan Mas Koki semakin pesat dan dihasilkannya varietas ikan Mas Koki baru yang memiliki nama latin Catassius Auratus Var Japonicus. Dari Jepang, ikan Mas Koki menyebar luas ke wilayah Eropa dan Amerika. Kemudian ikan Mas Koki menjadi populer karena sering dijumpai di toko-toko ikan hias di dunia.
2. Ikan Mola-Mola

Ikan Mola-Mola atau ikan Matahari adalah ikan yang memiliki bentuk unik yaitu bulat dan pipih serta terdapat di bagian punggung dan perutnya yang runcing. Karena gerakannya yang sangat lamban dan cara berenang yang tak bisa melawan arus dan cenderung terbawa arus, sebagian ahli menggolongkan ikan ini kedalam jenis plankton. Ikan Mola-Mola menyukai ubur-ubur sebagai santapannya. Ikan ini memiliki panjang 1 meter dan berat rata-rata 1.000 Kg.
3. Ikan Perot Merah

Ikan Perot Merah adalah ikan hias yang sudah populer dikalangan pecinta ikan hias. Berbentuk bulat pendek menyerupai ikan Lohan serta memiliki warna merah menyala. Ikan ini bisa menjadi pelengkap yang dapat membantu jika ikan Arwana yang dipelihara kurang aktif berenang.
4. Bulu Babi

Bulu Babi yaitu hewan laut berbentuk bulat yang hampir seluruh tubuhnya dikelilingi oleh duri beracun. Bulu Babi salah satu hewan laut yang cukup ditakuti para penyelam karena mereka hidup di perairan yang dangkal dan di terumbu karang yang sakit atau yang air lautnya tercemar. Para korban Bulu Babi mayoritas tertusuk oleh duri Bulu Babi pada bagian kaki dan tangan. Dibalik durinya yang beracun, Bulu Babi memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.
5. Ikan Batik

Ikan Batik merupakan sebuah ikan unik yang berasal dari perairan Ambon dengan bentuk bulat mirip kodok dan motif lurik seperti batik disekujur tubuhnya yang merupakan jenis spesies ikan yang baru. Dari hasil DNA, menunjukan bahwa ikan ini berbeda dengan ikan yang ada. Ditemukan pertama kali oleh seorang instruktur selam sebuah operator pariwisata disekitar perairan Ambon pada tahun 2009. Penemuan itu langsung dilaporkan kepada pakar ikan dari Universitas Washington yaitu Ted Petsch untuk dipelajari. Tubuh dari ikan itu sebesar kepalan tangan orang dewasa dan dilindungi kulit keras berlipat sehingga tahan gesekan dari gesekan terumbu karang.
6. Piglet Squid

Piglet Squid adalah cumi-cumi berbentuk bundar yang dijuluki sebagai cumi-cumi yang selalu tersenyum karena pola tubuhnya yang tidak biasa yang diakibatkan pigmentasi kulit, menyebabkan Piglet Squid seolah-olah memiliki senyum di wajahnya. Piglet Squid bisa ditemukan pada kedalaman 100m dibawah laut.
7. Ikan Buntal

Ikan Buntal dalam bahasa latin Tetraodontidae adalah sebuah ikan yang juga berbentuk bulat yang bilamana bahaya mengancam, ikan ini akan mengembungkan tubuhnya. Ikan buntal secara umum dipercayai sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah Katak Racun Emas. Organ-organ dalam seperti hati dan kadang kulit mereka sangat beracun.
(Support On The Spot Trans7)
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Satu komentar/saran/kritit yang membangun dari anda sangat berarti dan bermanfaat bagi Likeforia dalam menciptakan sebuah karya.
Terima kasih.

 
© Copyright Likeforia 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all