7 Sungai Terpanjang Di Dunia

7. Sungai Ob, Rusia (5.410 km)

(Foto by Wikimedia)

Merupakan sungai yang berada di Siberia bagian barat, Rusia. Sungai yang memiliki panjang 5.410 km ini, pada musim dingin membeku dari bulan November sampai bulan April.
6. Sungai Kuning, Cina (5.464 km)

(Foto by Wikimedia)

Sungai Kuning (Yellow River) atau juga disebut "Huanghe" merupakan salah satu sungai yang penting karena menjadi pusat kebudayaan Cina.
Memiliki panjang 5.464 km sungai Kuning menjadi sungai terpanjang kedua di Cina setelah sungai Panjang (Yangtze).
5. Sungai Yenisei, Mongol dan Rusia (5.539 km)

(Foto by Wikimedia)

Sungai terpanjang ke-5 di dunia ini merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Dibagian tengah sungai ini terdapat bendungan Hidroelektrik besar.
4. Sungai Mississippi, Amerika (6.275 km)

(Foto by Wikimedia)

Merupakan salah satu sungai terpanjang di Amerika. Nama Mississipi berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "bapak air". Mata airnya bersumber di Negara bagian Minessota dekat perbatasan dengan Kanada.
3. Sungai Yangtze, Cina (6.300 km)

(Foto by Wikimedia)

Atau dikenal dengan nama "Sungai Panjang" merupakan sungai paling panjang di Cina dan di Asia. Sama halnya seperti Sungai Kuning (Huanghe), Sungai Yangtze menjadi pusat kebudayaan Cina.
2. Sungai Amazon, Brasil, Kolombia, Bolivia, Ekuador dan Peru (6.400 km)

(Foto by Wikimedia)

Sungai yang melintasi 5 negara sekaligus ini merupakan sungai terpanjang kedua di dunia. Jumlah air tawar yang dilepas Amazon ke Samudra Atlantik sangat besar yaitu 184.000 m³ per detik dan 6,5 juta kaki³ di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.
1. Sungai Nil, Mesir (6.650 km)

(Foto by Wikimedia)

Merupakan sungai terpanjang di dunia. Tidak hanya melintasi Mesir saja, sungai ini juga melintasi 8 negara sekaligus yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi dan Sudan. Karena sungai Nil mempunyai sama artinya dalan sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno) maka sungai Nil identik dengan Mesir.


Referensi : Wikipedia
Share on :

1 komentar:

Posting Komentar

Satu komentar/saran/kritit yang membangun dari anda sangat berarti dan bermanfaat bagi Likeforia dalam menciptakan sebuah karya.
Terima kasih.

 
© Copyright Likeforia 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all