6 Pulau Terluas Di Dunia

Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air. (Wikipedia)
Ada banyak pulau di dunia ini yang diantaranya memiliki luas yang sangat besar. Berikut 6 pulau terluas di dunia.
6. Sumatera, Indonesi

Pulau yang dihuni 42.409.510 jiwa ini, memiliki luas 443.065,8 km² dan menjadikannya pulau terbesar ke 6 di dunia. Pulau ini sering dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa yang berarti "pulau emas" dalam bahasa sansekerta.
Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar ialah Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Ogan, Komering, dan Lampung. Meskipun penduduknya mayoritas didiami oleh bangsa melayu, namun dibeberapa kota besar seperti Medan, Palembang, dan Pekanbaru, banyak bermukim etnis Tionghoa.
5. Pulau Baffin, Kanada

Pulau Baffin (merah)

Terletak di bagian utara Kanada merupakan salah satu kepulauan Artik di wilayah Nunavut. Pulau terbesar ke 5 di dunia ini memiliki luas 507.451 km² dengan jumlah penduduk sekita 11.000 jiwa.
Nama Baffin diambil dari nama akhir penjelajah britania yaitu William Baffin.
4. Madagaskar, Afrika

Madagaskar ialah sebuah negara republik yang terletak di Samudera Hindi, lepas pesisir timur Afrika. Luas negara pulau ini 587.040 km2 dan menjadi pulau terbesar ke 4 di dunia.
Negara pulau ini, juga memiliki pulau-pulau kecil disekitarnya yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India.
3. Kalimantan, Indonesia, Malaysia, Brunei

Pulau yang dimiliki oleh 3 negara ini, memiliki luas 743.330 km² dengan penduduk dari ke tiga negara sekitar 60 juta jiwa. Pulau Kalimantan juga dikenal dengan sebutan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.
2. Papua, Indonesia dan Papua Nugini

Terletak di sebelah timur Australia, Pulau Papua di kuasai oleh dua negara yaitu Indonesia di bagian barat dan Papua Nugini di bagian timur. Luas pulau ini 786.000 km² menjadikannya pulau terluas ke 2 di dunia.
Di pulau yang bentuknya menyerupai burung rajawali ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m).
1. Greenland, Denmark

Greenland atau dalam bahasa Indonesia "tanah hijau" merupakan pulau terbesar di dunia dengan luas 2.166.086 km². Secara geografis Greenland merupakan bagian dari Amerika Utara. 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia. Pada abad ke 8 Masehi orang-orang Inuit mulai mendiami Greenland.


Referensi : Wikipedia, gambar : Wikimedia
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

Satu komentar/saran/kritit yang membangun dari anda sangat berarti dan bermanfaat bagi Likeforia dalam menciptakan sebuah karya.
Terima kasih.

 
© Copyright Likeforia 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all